Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

6 Bisnis Rumahan ini Bisa Hasilkan Jutaan Rupah

bisnis rumahan
6 Bisnis Rumahan ini Bisa Hasilkan Jutaan Rupah - Setiap bisnis yang akan dijalani pastinya memerlukan modal, waktu, dan usaha. Semua orang pasti berandai-andai bisa memiliki bisnis sendiri dan menghasilkan uang yang banyak. Namun faktanya tidak semudah itu, berbisnis haruslah memiliki rencana serta peluang yang matang, terlebih lagi kalian akan membuka bisnis besar.

Namun jika bisnis mu termasuk bisnis rumahan, tidak perlu pusing memikirkan hal itu. Dalam bisnis rumahan yang dibutuhkan hanyalah tekad dan modal, modalnya tidak terlalu besar bahkan ada yang tidak mengeluarkan uang sama sekali.


Bisnis rumahan dan bisnis online bisa menjadi rujukan kalian untuk menghasilkan uang ratusan ribu bahkan jutaan rupiah, asalkan kalian tekun menjalani bisnis tersebut. Menurut pengalaman saya pribadi dalam memulai bisnis haruslah memiliki keyakinan yang kuat. Saya memiliki bisnis kecil-kecilan dirumah, yakni berjualan burger.


Silahkan kalian siapkan kopi dan camilan, karena ini akan menjadi artikel yang sangat panjang dan membosankan, saya tidak memaksa. Namun jika kalian kepo simak saja ya hahaha.

Cerita Saya Pribadi

Sedikit cerita agar memotivasi kalian semuanya, saya awal mulanya masih ragu-ragu dalam memulai bisnis ini. Mengapa ragu? Jawabannya adalah karena ketika saya memulai bisnis ini, bingung ingin menyuplai bahan dari mana. Kebetulan lokasi saya tinggal jauh dari perkotaan, dan tentu saja tidak ada bahan utamanya seperti roti dan daging burger. Saya hanya berfikir saja sekitar 1 bulan dan saat itu benar-benar ragu dengan apa yang akan saya lakukan. Setelah beberapa waktu saya hanya berfikir, saya memantapkan niat saya untuk berjualan burger. Percayalah berfikir saja tanpa tindakan tidak akan menghasilkan apa-apa. Dan ini waktunya kalian memulai bisnis rumahan meskipun hanya sederhana.

Oooh iya, saya juga sudah menikah dan memiliki satu orang anak jadi mereka menjadi tanggung jawab saya. Seketika itu istri saya mencari-cari info dimana tempat yang menjual roti dan daging burger tersebut, dan akhirnya pujaan hati saya menemukan dimana tempatnya. Saya fikir waktu itu langsung plong dan lega, namun masalah lain timbul. Masalah ini berkaitan tentang bagaimana cara membelinya. Yaaa, saya dan istri masih bingung bagaimana untuk mengambil barang tersebut, sedangkan lokasi penjual roti dan daging sangat jauh. Sekitar 6 jam perjalanan jika menggunakan jalan lintas biasa bukan TOL.


Memang ada satu bus yang setiap hari berangkat dari tempat kami ke tempat penjual tersebut. Berangkat pagi jam 8 dari tempat kami, dan pulang lagi jam 6 sore namun tentu sudah berganti bus. Yang menjadi kegelisahan adalah, tentang packing bahan yang saya pesan nantinya. Karena bahan yang digunakan tidak bisa ditimpa, dan dagingnya tidak bisa diluar frezeer lama-lama. Namun dengan tekad kami berdua, memberanikan untuk mencobanya.


Dan apa yang terjadi? Kalian pasti sudah bisa menebaknya. Yaaaa, paket daging dan roti saya sampai dengan selamat. Maaf jika tebakan kalian salah, hahaha. Kami berdua mengecek dan benar paket diterima dengan selamat tanpa ada masalah yang berarti seperti roti yang penyet atau daging yang busuk.


"Maaf saya melenceng dari pembahasan tentang 6 bisnis rumahan yang akan saya bahas. Namun jika saya tidak menulis pengalaman pribadi saya, mungkin kalian semua masih ragu tentang artikel yang akan saya tulis".


Oke kita lanjutkan jika kalian penasaran dengan hasil yang saya dapatkan. Setelah itu kegelisahan masih timbul dalam hati kami berdua, kami berdua sempat berfikir. Apakah akan ada yang beli? Apakah akan laku? Sedangkan kami hanya mengandalkan media sosial Facebook dan WhatsApp saja untuk berjualan. Namun hal lain terjadi, kalian pasti tidak akan menyangka. Sama, saya juga sempat tidak percaya apa yang kami dapatkan. Hal diluar dugaan saya justru muncul.


Namun bukan hal yang buruk justru sebaliknya, ya hal baik datang kepada kami berdua. Dagangan kami ramai dan banyak yang menyukainya, terlebih lagi model daging yang kami tawarkan belum ada ditempat kami tinggal. Memang sudah ada yang berjualan Burger selain kami, namun kualitas daging mereka lebih tipis dan tidak berasa ketika dimakan.


Hari pertama kami berjualan mendapat respon baik dari pembeli, mereka memuji dan membuat story di WhatsApp masing-masing, dan semakin banyak pula dilihat oleh orang lain. Hari-hari berikutnya kami masih lancar berjualan. Namun ada satu waktu dimana kami mulai meremehkan tentang bisnis kami, mulai dari bahan yang tidak dibeli dengan banyak karena takut tidak habis dan lain-lain.


Hal ini benar-benar terjadi pada diri kami, dagangan kami tiba-tiba sepi. Bahkan yang biasanya terjual 15-20 bungkus, saat ini hanya 3 bahkan pernah tidak ada sama sekali. Saya kemudian mulai berfikir, ya kalian tau lah pastinya saya pusing mendapat hasil seperti ini. Dalam fikiran saya, apakah ada yang salah dengan jualan kami, apakah cara marketing kami kurang maksimal? Apakah ada hal yang membuat pelanggan kecewa?


Beberapa hari saya masih bingung, namun setelah seminggu lebih. Saya sadar bahwa bukan hanya saya saja yang mengalami penjualan merosot. Toko-toko dipasar rupanya juga mengalami hal yang sama, dagangan mereka banyak yang sepi. Kemudian saya justru gembira, mengapa? Jawabannya, saya sadar bahwa memang lagi musimnya, fikiran saya positif saja mungkin mereka tidak membeli karena memang sedang tidak ada uang. Itulah yang ada dalam benak saya waktu itu, namun setelah 3 mingguan penjualan kembali ramai dan meningkat.


Tetapi masalah baru justru datang kepada kami, Handphone yang dipakai istri saya berjualan jatuh dan rusak. Kami sudah coba untuk memperbaikinya namun sudah tidak bisa lagi. Semua kontak ada didalam ponsel itu, bodohnya saya tidak menyimpan kontak dihp istri saya ke Email. Itulah kecerobohan saya, setelah itu kami membeli lagi ponsel baru dan saya pasti akan menyalin data penting seperti kontak kedalam wadah lain seperti Email.


Sekitar 1 minggu lebih setelah ponsel istri saya baru, jualan kami kembali merosot. Tak ada yang order, tak ada yang bertanya. Hal ini tentu ada penyebabnya, yakni kontak WA yang hilang. Kalian pasti tau orang lain tidak akan melihat Story kita jika kita tidak menyimpan nomor orang tersebut, meskipun orang tersebut menyimpan nomor kita.


Nah inilah yang harus kalian perhatikan, dijaman kita sekarang ini hampir setiap orang memiliki ponsel pintar. Itu harus kita manfaatkan, ini adalah salah satu strategi dalam bisnis. Yaitu dengan memasarkannya melalui media sosial online.


Beberapa hari kemudian penjualan kami lagi-lagi kembali naik, dan ada yang menanyakan "Eh, kok kamu gak jualan lagi sih, biasanya aku lihat story kamu terus lo di WA. Kok ini tiba-tiba ilang aku fikir udah gak jualan", ucapnya.


Bisa kalian lihat, salah satu strategi marketing lainnya adalah membuat orang tersebut melihat apa yang kita jual meskipun tidak langsung membelinya. Karena kami berjualan makanan, mau tidak mau kami harus membuat orang lain pengen dengan dagangan kami atau bahasa jawanya ngiler. Caranya kami harus mengepost dagangan setiap hari, yang tadinya malas karena setiap hari melihat jualan makanan kami ia langsung tertarik dan ingin mencobanya.


Dan alhamdulillah sampai saat ini bisnis rumahan yang dikombinasikan dengan bisnis online, lancar hingga saya membuat artikel ini. Salah satu hal yang memotivasi saya dan istri adalah, anak kami sendiri. Karena bagi kami membahagikan anak kami akan memberikan rejeki yang lebih, maka dari itu berbisnis itu harus ada motivasinya. Buatlah motivasi untuk kalian sendiri.


Misalnya yang masih lajang, buat motivasi untuk membeli sesuatu seperti Mobil dan benda berharga lainnya. Cerita saya diatas sebenarnya mengandung trik dan motivasi dalam berbisnis, dalam berbisnis teknik marketing sangat dibutuhkan. Untuk itu perusahaan besar, seperti Dealer Mobil, Motor, dan penjualan lainnya membutuhkan tenaga kerja Marketing atau biasa disebut Sales.


Itu merupakan teknik pemasaran mereka, selain membuka toko. Karena jika banyak yang tau, meskipun tidak langsung membelinya saat mereka butuh mereka sudah tau akan membelinya dimana. Maka dari itu untuk kalian yang berbisnis walaupun Bisnis Rumahan dan masih sepi, mungkin ada kesalah tentang teknik marketing kalian.


Contohnya dengan memposting dagangan kalian setiap hari, meskipun belum ada yang membelinya tetap post terus setiap hari. Jangan mudah menyerah, kata-kata yang pernah diucapkan istri saya yaitu.

 "Hari pertama mereka melihat tanpa tertarik sedikitpun dan menganggap tidak ada gunanya, hari kedua mereka mulai penasaran, hari ketiga mereka mulai membuka barang yang kalian jual, hari ke empat mereka mulai bertanya tentang barang yang kalian jual, hari kelima setelah kalian menjelaskannya mereka tertarik dan membelinya".
Inilah salah satu kehidupan nyata, dan saya yakin pasti kalian mengalami hal yang sama jika melihat barang dijual. Mula-mula kalian akan menganggap biasa, dan karena tiap hari diposting dengan berbagai bukti pembeli lain kalian mulai penasaran dan membelinya.

Itulah sedikit cerita saya, maaf jika terlalu panjang. Saya harap pengalaman pribadi saya tersebut bisa memotivasi kalian yang baru ingin memulai atau sudah berjalan dalam bidang bisnis. Ingat semua bisnis dimulai dari yang terkecil dan tidak langsung menjad besar, contohnya Microsoft yang memulai bisnisnya di Garasi.


Okee, setelah kalian membaca apa yang saya tulis diatas, semoga menambah motivasi kalian untuk berbisnis rumahan maupun online. Kita lanjutkan  ke topik utama yaitu 6 Bisnis Rumahan yang bisa menghasilkan yang patut kalian coba.


6 Bisnis Rumahan Hasilkan Jutaan Rupiah Perbulan

Dibawah ini akan saya bahas secara detail 6 Bisnis Rumahan yang bisa menghasilkan, ada juga beberapa yang merupakan Bisnis Online.

1. Usaha Kue Ringan

Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan yang bisa kalian coba pertama adalah membuat kue-kue ringan, seperti Bolu kukus, agar-agar, nuget pisang, dan masih banyak lagi.

Untuk membuatnya juga tidaklah sulit, jika kalian masih bingung tentang cara membuatnya, di internet sudah banyak bertebaran resep masakan dan kue.

Modalnya juga tidak terlalu besar, sehingga yang pertama ini cocok untuk kalian pertimbangkan sebagai bisnis rumahan nantinya.

Omset yang didapatnya juga lumayan banyak, tergantung kalian membuat kue jenis apa. Untuk pemasarannya bisa melalui media sosial, dengan jaminan delivery untuk wilayah tertentu.

Perlu di ingat banyak orang yang malas keluar rumah dan memilih delivery makanan, ini bisa menjadi kesempatan kalian.

Selain itu kalian juga bisa menitipkan dagangan kalian dipasar, seperti ditempat saya ada satu toko kue ringan, dimana ia menjual dagangan milik orang lain yang dititipkannya.

Bagaimana saya memulainya?

Kalian dapat memulainya, pertama lakukan survei terlebih dahulu. Tanya kepedagang kue dipasar apakah ada yang mau dititipkan jajanan kalian. Setelah itu buat perjanjian tentang hasil yang didapat nantinya.

Biasanya barang habis mereka bayar, barang tidak habis ya tidak bayar, simpel kan!!

2. Jasa Desain Grafis
bisnis online

Bisnis rumahan yang kedua adalah jasa desain grafis, bisnis ini juga termasuk bisnis online. Untuk kalian yang memiliki bakat mendesain logo, banner dan lain-lain sangat cocok nih berbisnis satu ini. Gak perlu ribet ngumpulin dana untuk modal, yang penting kalian punya laptop atau komputer.

Bisnis online ini terbilang sangat menjanjikan lo, saya saja jika bisa mendesain ingin juga berbisnis satu ini. Kalian yang bisa membuat gambar Vector dengan Photoshop atau CorelDraw cocok banget ikutan bisnis ini.

Desain atau gambar vector kalian bisa diupload kemedia online yang membayar. Tempat dimana kalian bisa menjualnya ada banyak di internet, saya merekomendasikan Pixabay, dan Shutterstock. Dua web ini menyediakan banyak sekali gambar vector, dan kalian bisa menjadi salah satunya yang mengupload. Selain itu situs ini juga sudah termasuk situs besar, sehingga untuk mendapatkan penghasilan memiliki peluang yang besar.

3. Menjadi Freelancer Penulis Online

Menjadi penulis online juga bisa menjadi bisnis rumahan bagi kalian, terlebih lagi kalian yang jarang keluar rumah. Pekerjaan ini sepertinya cocok untuk kalian jalani, dimedia online platform besar banyak yang menyediakan pengiriman penulis.


Kalian bisa menulis sesuai hobi yang dimiliki, sedikit info yang saya dengar situs berita besar Detik.com membayar hingga Rp600 ribu untuk satu artikel yang berhasil ditayangkan. Woow, besar ya saya juga sempat tergiur. Namun pastinya kalian tau untuk bisa artikel di tayangkan, haruslah artikel unik dan usahakan belum tayang di web manapun. Sulit memang, namun bagi kalian yang memiliki hobi menulis tentu tidak akan sesulit yang dibayangkan.

Situs lainnya yang bisa kalian coba adalah Jalantikus.com, situs ini menawarkan bagi kalian yang ingin menjadi penulis, dan akan dibayar Rp50.000 per artikel yang tayang. Memang lebih sedikit namun persaingannya tidak sesulit di Detik.com.

4. Cucian Motor
usaha rumahan

Bisnis rumahan yang tergolong menarik dan menjanjikan adalah Steam Motor, usaha rumahan satu ini tidak membutuhkan keahlian khusus sehingga kalian yang memang tidak memiliki bakat tertentu tidak akan kesulitan menjalankan usaha ini.

Terlebih lagi ketika musim hujan tentu saja semakin ramai yang mencuci motor, selain itu rumah kalian yang tergolong ramai orang lewat bisa dijadikan tempat untuk mencucinya. Modal dalam membuka usaha ini jika dirini, Mesin cucinya sektiar 2.5 jutaan, jika ada yang seken tidak masalah mungkin hanya sekitar 1.6 jutaan. Kemudian biaya tak terduga siapkan saja 500 ribuan sudah cukup, yaa modalnya hanya 3 jutaan saja.

Bayangkan saja, jika satu motor dihargai 15 ribu, kemudian dalam satu hari bisa mencuci 10 motor. Kita hitung bersihnya, Rp10 ribulah, Rp5 ribunya untuk bensin mesin kompresornya. Berarti dalam sehari kalian bisa untung Rp100 ribu jika ada 10 motor yang mencuci, sebulan sudah mendapat Rp3 jutaan. Bisa kalian lihat 1 bulan sudah bisa balik modal, jika sehari bisa 15 motor tentu lebih banyak keuntungan yang didapat bukan. Kalian bayangkan saja sendiri lah ya, hahaha.

5. Menjadi Youtuber
bisinis rumahan
Apakah ada yang ingin menjadi youtuber, saya yakin hampir dari kalian semua menjawab, YA!! Saya juga sebenarnya mau menjadi youtuber, siapa sih yang tidak mau bekerja hanya dengan membuat video namunn menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta dalam sebulan.

Tetapi...

Ada tapinya ya, menjadi Youtuber memang bisa menjadi bisnis rumahan yang menjanjikan. Namun jika kalian benar-benar berniat, kalian haruslah menyajikan konten yang bermanfaat dan original. Misalnya konten vloger wisata, makanan dan lain-lain. Bisa juga konten gaming, pendidikan tutorial dan masih banyak lagi. Yang terpenting adalah video tersebut hasil karya kalian sendiri.

Mengapa Youtuber disebut bisnis? Disini bisnis yang saya bahas bukan seperti pada umumnya, intinya yang bisa dikerjakan dirumah dan tidak membutuhkan peralatan mahal itulah yang saya sebut bisnis rumahan. Kalian yang memiliki perlengkapan mumpuni, menjadi Youtuber salah satu rekomendasi bisnis rumahan menurut saya.

6. Bisnis Online Baju
cara bisnis online baju
Bisnis berjualan baju tak harus memiliki modal besar, terlebih lagi berbisnis baju melalui online. Perlu diingat bahwa saat ini sudah banyak sekali toko online yang menawarkan dropshiper. Apa itu dropshiper? Ini merupakan strategi pembelanjaan dari toko online lain namun menggunakan nama kalian.

Cara bisnis online baju ini yaitu, contohnya. "Ada yang pesan baju kepada kalian melalui media online dan harus dikirimkan, sedangkan kalian tidak memiliki stoknya. Otomatis harus pesan dulu dong, namun sebenarnya tidak perlu seperti itu. Kalian cari saja baju yang dipesan tadi, ditoko online lainnya, dan minta toko tersebut mengirimkan bajunya ke pelanggan kalian tadi namun dengan mencantumkan toko online kalian di packing baju tersebut". Tapi harus toko yang menawarkan dropship ya, karena memang tidak semua toko melayaninya.

Ini bisa menjadi langkah efektif, karena kalian tidak harus menunggu baju datang dan kemudian mengirimnya lagi. Ini bisa mempercepat paketnya sampai pada pelanggan kalian lebih cepat.

Bisnis Online baju ini banyak digemari terutama para wanita yang kesehariannya hanya dirumah, bisa sebagai pendapatan sampingan dan terbilang lumayan.

Bagaimana cara saya memulainya?

Kalian bisa memulainya dengan mencari foto-foto ditoko-toko online, seperti shopee, lazada, bukalapak dan lain-lain.

Kalian upload saja baju tersebut, dengan mencantumkan preorder. Jika kalian ragu pesanan tidak diambil, mintalah tanda jadi. Jika dia tidak memberikannya dan kalian ragu jangan dipaksakan, cari saja pelanggan lainnya.

Satu lagi yang perlu diingat ketika kalian membeli online, adalah ongkos kirim. Jadi harus kalian hitung dahulu untuk harganya. Misalnya harga baju 100rb, dan ongkir mencapat Rp20-50 ribu, tentu kalian menjualnya harus diatas modal tersebut, seperti Rp200 ribu, dan satu lagi harganya harus masuk akal ya..

Masuk akal bagaimana? Maaf ya teman, untuk pembahasan ini lebih panjang, karena saya ingin memberitahukan trik yang memang sudah dilakukan oleh istri saya sendiri.

Masuk akal maksudnya ialah, kalian menjual baju dengan harga Rp200 sudah termasuk ongkir ketika kalian membeli tadi. Nah ternyata ada baju atau hal lain yang juga dijual didaerah kalian, barangnya sama persis namun harganya lebih murah. Inilah yang berbahaya, otomatis mereka lebih memilih yang murah doong. Kok mereka menjualnya murah ya? Jawabannya simpel, karena toko yang khusus baju atau barang tertentu membeli dalam jumlah banyak, otomatis bisa mendapat harga lebih murah. Dan biasanya akan ada sales yang datang ketoko mereka, sehingga mereka tidak pusing dengan ongkos kirimnya.

Untuk hal ini kalian harus pintar-pintar dalam mengaturnya yaaaa, agar ongkir dan harga yang kalian jual lebih murah dan masuk akal.

kesimpulan
Itulah beberapa bisnis rumahan yang terbaik menurut saya dan saya rekomendasikan. Pada initinya dalam berbisnis membutuhkan tekad dan strategi yang pas, untuk strateginya sendiri yang paling utama adalah marketing atau pemasaran. Mudah-mudahan cerita saya diatas bisa memberikan motivasi bagi kalian semua.

Artikel ini selain saya pakai untuk memberikan informasi tentang bisnis rumahan yang pas, juga saya tulis agar pembaca sekalian lebih paham apa itu arti bisnis yang sesunggunya. Kita semua masih sama-sama belajar, untuk itu diperlukan ilmu yang lebih mendalam lagi. Terima kasih semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Saya cari muter-muter, cuman ini yang menurut saya artikelnya jelas dan enak buat diikuti..Thanks infonya

    ReplyDelete

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan