Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

6 Situs Web Untuk Belajar Coding Gratis secara Online Terbaik 2020


Mesujitekno.com - Buat kamu pasti ingin sekali bukan bisa belajar coding, dengan belajar coding tentunya kamu bisa membuat beragam aplikasi dan juga hal-hal baru yang berhubungan dengan komputer.

Namun saat ini terkadang untuk belajar kamu harus masuk perguruan tinggi atau universitas untuk menguasainya.


Sebenarnya tidaklah seperti itu, kamu bisa belajar coding dimana saja terlebih lagi saat ini sudah banyak situs web yang mengajarkan coding secara gratis dan juga sangat detail.


Dan taukah kamu beberapa orang yang masuk universitas belum tentu menguasai coding loh, karena biasanya dikampus justru tidak sedetail ketika kamu khursus sendiri.


Nah berikut ini saya akan memberikan 10 rekomendasi web untuk belajar coding terbaik dan yang penting gratis.


Web Untuk Belajar Coding Terbaik dan Gratis


1. BitDegree


BitDegree menawarkan banyak sekali khursus gratis yang bisa kamu coba, mulai dari progamming sampai game development. BitDegree menawarkan kursus online standard dan kursus gamification. Kursus gamification  menyatukan pencapaian dan interaksi dalam proses pembelajaran. Untuk memulai kursus, langkahnya sangat mudah. kamu hanya perlu memilih bahasa yang digunakan dan mulailah menggali keahlian kamu.


Ada banyak jenis bahasa pemrograman yang dibahas dalam BitDegree, tapi bahasa pemrograman yang paling populer adalah:

  • HTML
  • CSS
  • PHP
  • Javascript
  • SQL
  • JQuery
BitDegree bahkan menggabungkan blockchain ke proses pembelajaran. Situs ini menyediakan reward dan sistem achievement sehingga bisa dengan mudah merekruit talenta-talenta baru dan mengukur keberhasilan kursus.

2. Coursera


Coursera adalah sebuah platform yang menawarkan beberapa kelas pemrograman setaraf mata kuliah kampus secara gratis dan memberikan sertifikat yang menyatakan bahwa kamu menguasai bahasa pemrograman.



Kamu bisa mulai membuat akun dan mulai mengambil beberapa kelas berdasarkan tanggal. Untuk kamu yang mencari kelas berdasarkan jadwalmu sendiri, Coursera adalah pilihan tepat karena hampir setiap kelas diselenggarakan dengan teratur.

3. W3schools


Jika kamu merupakan seseorang yang lebih suka cara belajar coding dasar secara langsung praktek. W3school merupakan website yang cocok kamu kunjungi.


Website ini menyediakan compiler online yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu. Sehingga kamu bisa belajar sekaligus mempraktekan materi yang sudah dipelajari.


Bahasa pemograman yang disediakan lebih ke bahasa pemograman website, seperti JavaScripts, AngularJS, dan beberapa bahasa pemograman lainnya.



Ada contoh kode program yang ditampilkan pada setiap bagiannya. kamu juga bisa langsung mencoba mengedit kode program tersebut dan mengeksekusinya. Website akan menampilkan hasil yang kode program yang sudah kamu ganti dan menampilkan hasilnya.

4. MIT Open C0urseware

OpenCourseWare Initiative menyajikan semua kursus online untuk semua undergraduate an graduate MIT. Meskipun tidak menutut ilmu di salah satu universitas top dunia ini, kamu bisa mengaksesnya dan bahkan memperoleh pendidikan setingkat MIT.

Ada banyak mata pelajaran yang tersedia, dan salah satunya tentang computer science. kamu bisa mengambil kursus untuk program degree atau individual courses.

Baca juga : Download Software Antivirus Terbaik Windows 2020 Ringan

Sebagai contoh, kamu hendak mengikut kursus pengenalan bahasa pemrograma, seperti Phyton, C and C++, dan Java.

5. Free Code Camp
Free Code Camp termasuk website belajar coding yang saat ini masih berkembang. Website ini menyediakan pembelajaran yang sudah dipisahkan antara FrontEnd, Visualisasi Data, BackEnd, dan beberapa bagian lainnya.

Ada juga panduan Coding Interview Preparation yang bisa kamu gunakan untuk persiapan sebelum melakukan wawancara coding.

Ingin mengambil sertifikasi bahasa pemograman?, Kamu bisa mencari dari website ini dan mendapatkan sertifikat yang ingin didapatkan.

Sama halnya Stack Overflow, website ini juga menyediakan forum yang bisa kamu manfaatkan untuk berdiskusi menyelesaikan masalah coding kamu, bukan masalah asmara ya, dan kamu juga bisa mencoba membantu permasalahan rekan lainnya.

6. Udemy

Udemy adalah platform belajar online yang diciptakan untuk para profesional untuk meningkatkan kemampuan mereka. Meski beberapa kelas memang berbayar, namun kelas gratis tetap ada dan bahkan ada video tutorial yang bisa menunjang kemampuanmu.

Itulah beberapa web yang bisa kamu kunjungi untuk belajar coding secara gratis, namun jika kamu ingin lebih mengetahuinya tentu harus belajar dengan ahlinya agar lebih terlatih dan terampil.

No comments:

Post a Comment

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan