Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

4 Cara Mengatasi Micro SD atau Kartu Memori Rusak


Mesujitekno.com - Kalian pasti semua memilikinya bukan, nah pernah gak sih kartu memori kalian itu rusak. Kira-kira sudah berapa lama pemakaian?

Kartu memori rusak biasanya karena memang sudah lama, kotor atau bahkan patah dan ada juga yang terkena virus saat kalaian memasangnya di Komputer.

Namun kalian tau ngga sih, sebelum Kartu memori atau SD Card kalian yang rusak dibuang lebih baik cek dulu apakah memang sudah benar-benar rusak. Kan sayang ternyata masih bisa digunakan namun harus ada hal khusus yang dilakukan.

Nah diartikel ini saya akan memberi 5 Cara mengatasi kartu memori kalian yang rusak, mudah-mudahan masih bisa digunakan lagi ya.

1. Cek Terlebih dahulu ke HP lain

Sebelum kalian membuang kartu memori yang tadi rusak ada baiknya coba pasang dulu tuh di HP lain, supaya kalian yakin nantinya. Nah jika memang masih terbaca kemungkinan kartu memori kalian baru mau rusak.

Jadi harus pilih-pilih HP, jika ada data yang penting baiknya disalin dulu ya dari pada nanti sudah rusak total dan tidak bisa terbaca kalian sendiri yang rugi dan jengkel.

2. Bersihkan Kuningannya

Nah cara yang kedua yaitu kalian bersihkan dulu tu kuningan SD Card kalian. Bisa jadi karena terlalu sering lepas pasang kuningannya jadi kotor. Sehinnga nggak maksimal dan akhirnya tidak terbaca di HP kalian. Cara bersihinnya gimana ya? Gampang kok. Kalian bisa membersihkannya dengan penghapus dan juga minyak kayu putih.

Jangan pakai air ya adanya malah tambah rusak, nah kalau pakai minyak kayu putih, tinggal tetesin ke katembad trus digosok pelan-pelan supaya kotorannya hilang.

3. Format di Komputer

Untuk tips yang ini syaratnya kartu memori kalian masih terbaca ya, terkadang ada memang masih terbaca namun tidak mau dibuka. Kalian bisa coba format terlebih dahulu di komputer atau laptop kalian.

Terkadang banyak file firus juga bisa merusak kinerja kartu memori kalian, memang tidak 100 persen berhasil namun apa salahnya mencoba ya kan?

4. Check di Komputer atau Laptop

Cara yang terakhir adalah cek kerusakan via laptop atau komputer ya. Caranya kalian pasang dulu tuh Kartu memorinya ke Card Reader. Lalu hubungkan ke komputer atau laptop kalian, setelah itu buka Explorer trus klik kanan pada drive Kartu SD kalian, kemudian klik Properties>Tools>Error checking.

Dan tunggu sampai selesai nah langkah ini biasanya memperbaiki kesalahan pada sistem SD Card kalian ya seperti terkena virus. Lalu coba pasang lagi di HP kalian, semoga berhasil.

Itulah cara yang bisa kalian lakukan saat kartu SD kalian rusak, memang tidak seratus persen berhasil ya. Namun apa salahnya mencobanya ya kan? Terima kasih semoga membantu.

1 comment:

  1. Superbly written article, if only all bloggers offered the same content as you, the internet would be a far better place.. podiatry drill

    ReplyDelete

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan