Media informasi online masa kini yang selalu update dengan konten menarik

Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan Mudah di tahun 2020


Mesujitekno - Setelah belum lama ini admin Mesujitekno memberikan cara menghasilkan uang dari Facebook.

kali ini Mesujitekno akan membahas tetang bagaimana cara mudah menghasilkan uang dari blog. Yuk ikuti cara mudahnya berikut ini.

Anda bisa menghasilkan uang dari mana saja, termasuk salah satunya dari blog. Blog bukan hanya menjadi tempat menulis artikel, melainkan juga tempatmu menghasilkan uang.

Anda bisa mendapatkannya dari berbagai cara mulai dari pemasangan iklan, jasa pembuatan artikel dan juga iklan dari Google AdSense.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Pertanyaan ini menjadi topik utama setiap pembuat artikel diblog. Bagaiamana sih cara nya dapetin uang dari blog? Semuanya mudah asalkan anda tau trik dan langkah-langkahnya.

Bahkan hanya dari blog bisa menjadi penghasilan utama.

Berikut ini ada 6 langkah untuk bisa mendapatkan uang dari blog.

  • Membuat blog
  • Menghasilkan konten yang bermanfaat
  • Menemukan pembaca
  • Membangun kedekatan dengan pembaca yang datang ke blog Anda
  • Mulai menghasilkan uang dari jumlah pembaca yang ada.
Terlihat sangat mudah bukan? Memang pada beberapa tingkatan prosesnya sangat sederhana, namun anda perlu mengetahui lebih banyak lagi tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog.

Jadi pastikan kualitas blog anda adalah yang terbaik, terlebih lagi memiliki artikel yang original dan berkualitas.

1. Buat Blog di Platform Terbaik

Blog yang berkualitas berawal dari platform yang berkualitas juga. Ada banyak platform blog yang bisa anda pilih, dari Blogger, Jomla, Wordpress dan lainnya. Masing-masing platform memiliki kelebihan dan kekurangannya. 

Namun admin menyarankan Wordpress. Mengapa demikian, wordpress bisa digunakan secara gratis, cocok digunakan oleh siapa saja dan berkualitas tinggi.

Ya meskipun admin sendiri menggunakan blogger, admin memilih menggunakan blogger karena lebih mudah penggunaannya. Dan ini kembali lagi terhadap anda memilih yang mana.

Bagi anda yang masih bingung untuk membuat web atau blog, anda bisa menghubungi kami untuk jasa pembuatan web melalui Link Ini.

2. Buat Konten Blog Bermanfaat dan Menarik

Setelah anda memilih platform dan sudah berhasil membuat blog. Kini saatnya menerbitkan konten yang sudah anda tentukan topiknya tentang apa, usahakan membuat konten satu saja. 

Saat ini memang banyak perusahaan besar yang membuat konten gado-gado atau campuran, namun itu dibutuhkan waktu yang sedikit lama untuk bisa menghasilkan uang.

Konten anda bisa dikatakan bermanfaat ketika pembaca mendapatkan solusi melalu apa yang anda tulis. Ingat, ketika pembaca mencari sebuah kata kunci di Google dan mesin pencari lainnya, yang mereka inginkan adalah jawaban yang bisa menyelesaikan masalah mereka. 

Baca Juga
Selain bermanfaat konten yang anda buat juga harus menarik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat konten blog menjadi menarik, pertama ambil pembahasan yang unik. Kedua gunakan judul yang kreatif yang menarik pembaca. Judul adalah hal yang paling penting dan pertama kali dilihat oleh pembaca. 

Jika judul artikelmu tidak menarik mereka cenderung akan malas melihat isi konten yang anda tulis.
Selanjutnya adalah tambahkan media visual, artikel yang berisi tulisan saja akan terasa membosankan, tambahkan gambar atau bahkan video yang berkaitan dengan artikel yang anda tulis.

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog Anda


Pengunjung blog Anda berasal dari banyak sumber. Salah satu sumber terbesarnya adalah pencarian Google. Oleh karena itu, Anda harus punya kualitas SEO yang baik untuk menjaring banyak pembaca dari Google.

Konten yang anda tulis harus muncul setidaknya dihalaman pertama hasil pencarian Google agar lebih mudah ditemukan calon pembaca.

Dengan kualitas SEO yang baik, anda bisa mencapai hal tersebut, bahkan artikel anda bisa menduduki peringkat pertama google.

4. Promosikan Blog di Media Sosial

Selain pencarian organik, media sosial adalah media lain yang berpotensi menjadi sumber pengunjung blog Anda. Anda bisa menjangkau lebih banyak calon pembaca blog menggunakan media sosial.

Ada berbagai macam media sosial yang bisa Anda manfaatkan, dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilihnya salah satu, atau jika anda memiliki semua media sosial tersebut anda bisa menggunakan semuanya.

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog

Memulai blog yang berkualitas bukan hal yang mudah. Dan mempertahankan hal tersebut akan jauh lebih sulit. Meskipun sulit bukan berarti mustahil kan ya. Anda haru menjaga konsistensi kualitas blog untuk tetap mendapatkan kepercayaan dari pembaca. 

Selalu minta kritikan apabila terdapat penulisan yang kurang benar di artikel anda, dengan begitu anda akan lebih mudah memperbaikinya.

6. Tentukan Cara Monetasi Blog

Setelah membuat blog yang berkualitas, Anda sekarang bisa mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Ingat, tanpa blog berkualitas, Anda tidak bisa mendapatkan uang dari blog! Jadi pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di atas terlebih dahulu.

Kini saatnya Anda mempelajari bagaimana menghasilkan uang dari blog yang sudah Anda buat. Terdapat banyak cara mendapatkan uang dari blog. Anda bisa pilih salah satu atau beberapa cara di bawah ini:

1. Sumber Penghasilan Blog dari Google AdSense
Google Adsense adalah sebuah layanan periklanan yang paling populer saat ini, dimiliki oleh perusahaan besar yaitu Google. Layanan ini diperuntukan bagi para publisher atau pemilik website menayangkan iklan.

Adwords dan Adsense pada intinya adalah layanan yang sama. Yang membedakan, untuk Adwords mereka menyediakan layanan bagi para pengiklan untuk membeli iklan.

Sedangkan untuk publisher menghasilkan uang dari iklan yang ditampilkan di blog mereka dari layanan Adsense. Untuk prosesnya cukup sederhana:
  • Sebagai pemilik website, Anda meletakan code Adsense di website Anda.
  • Pengiklan atau Advertiser melakukan penawaran untuk iklan, dan penawaran dengan harga terbesar akan ditampilkan di website Anda.
  • Anda akan mendapatkan bayaran setiap ada klik iklan oleh pengunjung website Anda. Google akan mengurus penagihan ke advertiser dan memastikan Anda menerima bayaran.
Google Adsense menggunakan algoritma komplek untuk melakukan analisa pada konten website Anda. Hal ini memastikan iklan yang tampil sesuai dengan website Anda. 

Sebagai contoh, jika Anda memiliki website tentang kucing, Andsense akan menampilkan iklan berupa promosi yang berhubungan dengan hewan piaraan.

Bayaran setiap kliknya bervariasi mulai $0.1 sampai $5 tergantung negara, kompetitor antar advertiser dan artikel yang dibahas, untuk indonesia sendiri berkisar $0.01 sampai $5.

Sebagai contoh, iklan yang tampil pada website dengan artikel tentang mobil iklannya lebih mahal jika dibandingkan dengan website mainan anak-anak. Sederhana saja, untuk mobil harganya lebih mahal, sehingga untuk investasi iklan juga lebih mahal.

Jika Anda ingin mengambil keuntungan dan memulai mendapatkan uang dengan menampilkan iklan Adsense, silahkan daftarkan blog Anda dengan membuat Akun AdSense. Pembuatannya juga hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Setelah itu Anda tinggal menunggu email pemberitahuan dalam beberapa hari apakah disetujui atau tidak. Jika sudah diterima, saatnya Anda memasang iklan adsense di blog.

2. Sumber Penghasilan Blog dari Endorsement

Mungkin Anda sering melihat para blogger mempromosikan produk atau layanan tertentu di konten blognya. Baik itu dalam bentuk review, unboxing, atau sekadar deskripsi produk.

Apa yang Anda lihat di blog-blog tersebut adalah endorsement. Blogger bisa bekerja sama dengan perusahaan tertentu untuk meng-endorse produk atau layanannya.

Benefitnya bisa beragam, dari uang tunai hingga produk gratis. Tergantung kesepakatan antara blogger dan perusahaan.

Anda juga bisa menerapkan cara ini untuk menghasilkan uang dari blog. Biasanya perusahaan yang akan menghubungi Anda terlebih dahulu untuk mengajak kerjasama.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah membangun blog yang berkualitas agar semakin banyak perusahaan yang ingin bekerjasama dengan Anda.

3. Sumber Penghasilan Blog dari Afiliasi

Foto :niagahoster.co.id

Cara mendapatkan uang dari blog yang cukup populer lainnya adalah dengan program afiliasi.

Melalui program ini Anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung blog yang melakukan pembelian atau melengkapi data melalui link atau banner afiliasi.

Jumlah komisi yang didapatkan berbeda-beda tiap perusahaan. Ada yang memberikan komisi 25 persen, 50 persen, hingga 70 persen.

4. Sumber Penghasilan Blog dari Jasa

Melalui blog, Anda juga bisa menawarkan jasa ke para pengunjung blog, seperti jasa pembuatan website, desain grafis, pembuatan artikel.

Selain itu masih banyak jasa lainnya yang bisa Anda tawarkan sesuai keahlian yang dimiliki.

5. Sumber Penghasilan Blog dari Produk

Anda dapat menghasilkan uang dari blog dengan menjual produk yang dimiliki melalui blog, bisa berupa produk digital atau produk fisik. Jika Anda memiliki keahlian menulis tutorial.

Anda bisa membuat ebook untuk dijual. Selain menjual ebook, untuk Anda yang memiliki keahlian pemrograman, bisa memulainya dengan menawarkan aplikasi yang Anda buat untuk dijual.

Sedangan untuk produk fisik, Anda dapat menjual berbagai macam barang. Misalnya Anda memiliki keahlian memasak, Anda bisa membuat produk makanan ringan dan dijual melalui blog Anda.

Hasilkan Uang dari Blog Sekarang Juga!

Kapan waktu terbaik untuk mulai menghasilkan uang dari blog? Jawabannya tentu sekarang. Menunda-nunda hanya akan membuat Anda malas dan lupa. Jadi sebaiknya lebih baik cepat dimulai.

Mulai dari apa? Tentu saja mulai dari membuat blog yang berkualitas. Lalu buat konten yang bermanfaat dan menarik. Datangkan pembaca dari berbagai sumber. Baru kemudian Anda bisa mulai mendapatkan uang dari blog yang Anda bangun.

Memang perjalanan menghasilkan uang dari blog tidaklah singkat. Perlu banyak proses yang harus dilalui dan tentu membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Namun, dengan kegigihan dan panduan yang tepat Anda pasti bisa berhasil.

Semoga artikel ini cukup membantu Anda memahami cara dapat uang dari blog secara lengkap. Anda bisa meninggalkan komentar di bawah untuk menanyakan hal-hal yang tidak Anda pahami atau masukan.

1 comment:

  1. kyanya gak mudah deh, karena mendapatkan traffic bagus tu susah banget.

    jangan lupa kunjungi juga ya
    http://looperday.blogspot.com

    ReplyDelete

Notes :
- Apabila ada produk atau hal lain yang ingin admin bahas tulis saja dikolom komentar
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak Diperbolehkan Mempromosikan Barang Atau Berjualan